Add me on Google+
Add me on Facebook

Pengertian Software – Berbagai Macam Perangkat Lunak

Diposting oleh Label: di
Pengertian software secara harafiah merupakan perangkat lunak. Secara umumnya, software dapat diartikan sebagai sekumpulan perintah dalam bentuk data-data elektronik yang biasa disimpan dan dieksekusi oleh suatu instruksi atau program untuk menjalankannya. Berkebalikan dengan hardware yang dapat disentuh dengan mudah, software sama sekali tidak dapat disentuh maupun dilihat secara fisik. Fungsi software umumnya adalah untuk mengidentifikasi suatu program, menyiapkan dan mengatur suatu program aplikasi agar kerja seluruh komputer terkontrol dengan baik, serta membuat pekerjaan pengguna komputer menjadi jauh lebih efisien.
software

Pengertian Software – Pembagian Perangkat Lunak Berdasarkan Jenis

Salah satu jenis perangkat lunak adalah berbagai macam program aplikasi. Sebagai pengguna komputer, jelas kita semua familiar dengan program-program aplikasi yang terinstal dalam komputer kita. Program-program aplikasi seperti Microsoft Office, Winamp, dan iTunes merupakan aplikasi berdasarkan software dalam jenis ini. Jenis yang kedua dalam pengertian software ini adalah sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac, dan Linux yang umum digunakan oleh berbagai komputer.  Jenis perangkat lunak berdasarkan pengertian software yang ketiga adalah bahasa pemrograman, contohnya seperti bahasa pemrograman Pascal serta rakitan.

Pengertian Software – Perangkat Lunak berdasarkan Distribusinya

Software berbayar adalah perangkat lunak bertujuan komersil yang mengharuskan kita untuk dapat menggunakannya secara legal. Yang kedua dalam jenis software dalam pengertian software ini yakni open source software, dimana kita bisa merevisi dan mendistribusi software tersebut. Ada pula shareware, dalam pengertian software ini adalah jenis software yang didistribusikan dalam suatu batas tertentu dimana kita harus membayar uang lebih untuk penggunaan lebih luas dan bebas. Biasanya diberikan pula bataswaktu dalam penggunaan software shareware, misalnya 30 hari maksimal. Selain ketiga itu, ada juga jenis Freeware yang  merupakan software yang mengizinkan kita menggunakan aplikasi tanpa ada biaya cipta maupun batasan waktu dalam penggunaannya. Bedakan dengan Free software yang umumnya memberikan kebebasan dalam penggunaan, namun tak selalu gratis dalam pendistribusian. Dari seluruh jenis perangkat lunak di atas, jelas dapat diketahui bahwa pengertian software adalah data-data elektronik yang sama sekali berbeda dengan hardware.
Mungkin pengertian software di atas lebih mengacu pada pengertian software pada internal komputer. Nah, sekarang saatnya anda tahu bahwa software yang teraplikasi pada komputer anda tidak selalu software yang mengatur kinerja komputer anda saja, tetapi malah ada pula yang bertugas mengatur akses internet untuk anda. Software-software yang digunakan sebagai perangkat yang membantu menghubungkan komputer dengan akses internet adalah pengertian software ini. Software yang paling penting adalah sistem operasi, sebagaimana namanya, software ini berfungsi untuk mengatur dan mensistem semua operasi yang bekerja pada komputer. Saat ini ada 3 sistem operasi yang dikenal luas di dalam masyarakat pengguna komputer, yaitu Windows dari Microsoft, mac dari Apple, dan Linux. Semua sistem tersebut akan memiliki klasifikasi – klasifikasi sendiri sebagai dampak karena adanya upgrade dan penyempurnaan versi sebelumnya. Berbeda dengan Mac dan Window, linux adalah system operasi open source yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah dan memodifikasi Linux (itulah mengapa ada banyak distro-nya). Namun, dibandingkan dengan Window dan Mac, Linux lebih sulit untuk dioperasikan jika anda tidak terbiasa dengan sistem pengoperasian manual dengan sistem terminal (hampir mirip seperti BIOS). Sedikit pengetahuan tentang pengertian software dan software apa yang paling penting ini, semoga anda bisa semakin mengetahui bagaimana komputer anda bekerja untuk anda.
Posting Komentar

Back to Top