Add me on Google+
Add me on Facebook

Cara Menghapus Virus Shortcut – Tips Ampuh Menghapus Virus Shortcut

Diposting oleh Label: di
Cara menghapus virus shortcut akan sangat membantu anda yang bingung menghadapi shortcut-shortcut yang terus bermunculan di komputer anda. Shortcut-shortcut yang muncul kembali meski sudah dihapus ini sangat berbahaya dan bisa merusak sistem kerja komputer anda jika terus menerus dihiraukan. Dengan cara menghapus virus shortcut anda dapat menghindari bahaya instal ulang PC yang akan menghapus semua data berharga anda. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan performance komputer dan laptop anda. Oleh karenanya, pada posting ini akan membahas cara menghapus virus shortcut yang ada pada komputer anda.
cara menghapus virus shortcut

Cara Menghapus Virus Shortcut – Modus Sang Virus Bekerja

Untuk melakukan penghapusan virus shortcut dengan baik, kita perlu mengetahui dulu, bagaimana sebenarnya virus shortcut ini menginfeksi komputer kita. Berikut pengetahuan yang peril anda tahu sebelum mengetahui cara menghapus virus shortcut:
  • Hal yang pertama dilakukan virus ini begitu menginfeksi adalah membuat base dalam My Document. File base nya bernama database.mdb.
  • Virus ini kemudian akan membuat file file autorun.inf di setiap partisi termasuk flashdisk yang tertancap.
  • Kemudian virus ini akan membuat file thumb.db (file asli dari komputer bernama thumbs.db)
  • Berikutnya, virus ini membuat file Microsoft.ink yang bila di eksekusi, akan langsung mengaktifkan virus.
Jika komputer anda telah terjangkit virus ini, pada task manage akan terlihat ada proses wscript.exe sedang berjalan. Seharusnya, tidak ada proses ini dalam keadaan komputer normal.Memang cukup mudah mengidentifikasi adanya virus dibandingkan dengan membersihkan dan merecover file yang telah terinfeksi.

Cara Menghapus Virus Shortcut – Langkah Langkah untuk Membasmi

Setelah mengetahui cara virus menginfeksi, sekarang saatnya mengetahui cara menghapus virus shortcut agar kinerja yang baik bisa didapatkan kembali:
  • Langkah pertama dalam cara menghapus virus shortcut adalah mematikan System Restore di komputer anda.
  • Matikan proses yang sedang dijalankan oleh virus: wscript.exe menggunakan Process Explorer atau dengan software HijackThis
  • Hapus file database.mdb di My Document
  • Hapus semua file yang telah diduplikat virus.
Langkah terakhir dalam menghapus virus shortcut adalah menghapus semua file autorun.inf yang telah dipasang virus di setiap partisi. Anda dapat melakukan ini dengan software HijackThis
Langkah-langkah diatas merupakan langkah dasar tentang tips menghapus virus shortcut di komputer. Namun cara ini juga dapat digunakan sebagai cara menghapus virus shortcut di flashdisk karena pada dasarnya flashdisk terinfeksi firus ini akibat terkoneksi dengan komputer bervirus. Cara menghapus virus shortcut  untuk flashdisk tidak berbeda dengan langkah yang digunakan untukmenghilangkan virus shortcut di komputer.
Setelah anda bisa terbebas dari virus-virus shortcut yang menggangu, anda dapat melakukan berbagai aktifitas di komputer dengan lebih nyaman dan aman.Memang mencegah virus untuk tidak menyerang komputer tidak semudah yang dibayangkan. Kontak dengan internet maupun flashdisk yang terinfeksi bisa menjadi jalan dari virus-virus penggangu. Oleh karena itu, selain mempelajari cara menghapus virus shortcut, anda perlu juga memproteksi komputer dengan program antivirus yang handal dan terpercaya. Dengan demikian, komputer anda memiliki ketahanan yang lebih untuk menghadapi serangan virus dan worm.  Sekarang anda tidak perlu lagi pergi ke service komputer untuk sekedar membersihkan komputer dari virus karena anda telah mengetahui cara menghapus virus shortcut yang akan membantu anda terbebas dari gangguan virus-virus shortcut yang menggangu kinerja komputer anda.


Sekilas diatas sedikit informasi mengenai cara menghapus virus shortcutsemoga dapat bermanfaat. Terima kasih
Posting Komentar

Back to Top