Add me on Google+
Add me on Facebook

Mengenal Hardisk Komputer

Diposting oleh Label: di
Berbicara mengenai komputer, siapa yang tidak mengenalnya. Semua orang pasti akan tahu kegunaan komputer yang semakin hari semakin canggih dan semakin dikembangkan sehingga akan lebih memudahkan segala aktivitas manusia. Komponen yang ada pada komputer baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunaknya sangat perlu dirawat dan dijaga sehingga tetap dalam kondisi prima. Salah satu perangkat dalam komputer yang penting untuk dirawat adalah hardisk. Tanpa kondisi prima dari hardisk, kinerja semua sistem pada komputer khususnya proses penyimpanan data dan segala yang berhubungan dengannya akan terganggu serta tidak maksimal.
Akan sangat menjadi hal yang paling menjengkelkan jika hardisk mengalami kerusakan bukan? Perlu Anda ketahui apa itu hardisk dan apa kegunaannya. Hardisk drive atau yang sering disingkat dengan HDD merupakan sebuah komponen berupa perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai program penyimpanan data dan sekaligus berisi pringan magnetis cakram keras. Perangkat ini diciptakan pertama kali tahun 1956 oleh insinyur IBM Reynold Johnson.
hardisk-komputer
Untuk kapasitas penyimpanan data dalam Hardisk Drive, saat ini adalah 3 Terabyte dengan ukuran standar yang sebesar 3.5 inci. Dari tahun ke tahun dan sering dengan perkembangan jaman serta kemajuan teknologi komputer kepingan cakram keras yang pda mulanya mencapai 2 kaki atau setara dengan 0,6 meter saat ini telah disempurnakan sehingga mendapatkan ukuran maksimal yang sederhana dan proporsional. Seiring perkembangan teknologi saat ini, ukuran perangkat keras terpenting dalam komputer sebagai wadah penyimpanan data ini justru semakin tipis dan semakin kecil namun mampu menampung data yang besar.
Data yang tersimpan dalam Hardisk Drive disinyalir tidak akan hilang meskipun diberikan tegangan listrik. Data penting dalam tersmpan rapi dan terjaga ketika Anda juga menjaga hardisk dari segala gangguan. Hardisk ini saat ini tidak hanya terpasang dalam perangkat komputer namun juga telah dikembangkan sehingga bisa dipasang diluar perangkat komputer sebagai media penyimpanan data dengan menggunakan FireWire ataupun kabel USB. Hardisk bisa dikategorikan ke dalam perangkat yang mudah pecah dan anti akan guncangan maupun benda keras disekitarnya, sehingga perlu kehati-hatian khusus dalam merawatnya agar tidak rusak.
Posting Komentar

Back to Top