Add me on Google+
Add me on Facebook

Cara Merakit Komputer – Sepuluh Langkah Merakit Sendiri

Diposting oleh Label: di
Cara merakit komputer umumnya tidak akan mudah saat pertama kali mencoba. Mungkin akan ada beberapa kali trial dan error yang terjadi saat belajar merakit sendiri komputer. Akan tetapi setelah mencoba dengan serius, kita pun bisa merakit komputer sendiri dengan cukup mudah. Hanya saja untuk dapat menuju kesana, kita masih butuh beberapa panduan tentang cara merakit komputer.

Cara Merakit Komputer – Menyiapkan Motherboard hingga Memasangkan pada Casing

Tips Merakit KomputerSebelum anda memulai cara merakit komputer berikut, ada baiknya anda tahu terlebih dahulu apa saja yang harus anda siapkan. Oleh karena itu, mari kita telusuri komponen-komponen hardware apa saja yang harus anda beli secara terpisah. Yang paling penting siapkan casing CPU anda. Casing ini adalah penutup atau kerangka luar semua komponen hardware penting anda. Casing model jadul biasanya berbentuk horizontal, namun sekarang anda akan sulit menemukan casing model ini karena sudah tergerus dengan banyaknya casing berbentuk vertical. Setelah menyiapkan casing yang cocok, silahkan siapkan motherboard yang akan dipasang. Motherboard sangat penting karena akan menjadi tempat beberapa hardware penting lainnya seperti Processor, VGA Card, dan lain sebagainya. Motherboard sendiri ada 2 jenis, onboard motherboard atau motherboard yang biasa.
Onboard motherboard adalah yang paling sering dicari karena kepraktisannya. Berbeda dengan motherboard biasa yang harus dirakit satu per satu sendiri, onboard motherboard sudah terakit rapi dan anda hanya perlu menaruh hardware penting lain di atasnya melalui slot-slot tertentu yang sudah disiapkan. Selain itu, siapkan juga Processor dan hati-hati memegangnya karena sangat rentan dengan aliran listrik dinamis walaupun dengan tangan. Lalu, siapkan VGA card untuk display performance, Hardisk untuk penyimpanan, RAM memory, DVD room, Power supply box, dan kabel-kabel lainnya. Dan jangan lupa juga untuk membeli kipas CPU (paling tidak 1 yang besar untuk di depan dan 2 atau 3 yang kecil untuk di belakang). Dan, kita lanjut dengan Cara Merakit Komputer.
Langkah awal yang perlu dilakukan dalam merakit komputer adalah memeriksa terlebih dahulu posisi jumper dengan mencari tahunya di buku petunjuk. Posisi jumper mutlak diketahui dalam merakit komputer adalah untuk mengatur CPU speed, speed multiplier, serta tegangan masukan ke dalam motherboard. Kemudian kita dapat mulai memasang prosessor dengan menentukan posisi pin 1 di prosessor serta socket processor dalam motherboard. Kemudian buka dengan menegakkan posisi tuas pengunci socket, dan masukkan prosessor ke dalam socket.
Sedikit tips merakit komputer dalam bagian ini adalah dengan menyamakanterlebih dahulu posisi kaki prosessor dengan lubang socket. Cara merakit komputer selanjutnya adalah dengan memasangkan heatsink pada bagian atas prosessor. Selanjutnya pasangkanlah modul memori pada motherboard sebelum mulai memasangkan motherboard pada casing.

Cara Merakit Komputer – Memasang Power Supply hingga Penyelesaian Akhir

Setelah memasangkan motherboard pada casing, tahap selanjutnya dalam cara merakit komputeradalah memasang power supply. Kadang ada casing yang telah dilengkapi power supply, namun jika belum, kita dapat memasangkannya sendiri dengan memasukkannya pada rak di bagian belakang casing. Jangan lupa untuk memasangkan sekrup pengunci sebelum menghubungkan konektor power yang terdapat pada power supply ke motherboard. Setelah itu, pasangkanlah kabel motherboard ke casing dengan benar.
Memasang berbagai drive seperti harddisk, floppy, CD RW, DVD, atau CD ROM adalah tahap selanjutnya dalam cara merakit komputer. Selanjutnya, pasanglah card adapter dalam casing dengan mengutamakan memasang video card terlebih dahulu. Sebagai penyelesaian akhir dalam cara merakit komputer, pasanglah penutup casing dengan baik agar hardware di dalamnya tak mudah rusak.


Sekilas diatas sedikit informasi tentang Cara Merakit Komputer, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Tips Merakit Komputer memang tergolong susah bila kita hanya membayangkan dan enggan untuk mencoba. Karena Komponen-komponen Komputer yang dibutuhkan terlihat rumit dan susah dimengerti bila bukan bidang kita. Namun sedikit-demi sedikit bila kita berani mencoba semua itu ternyata sangat mudah.
Posting Komentar

Back to Top