Add me on Google+
Add me on Facebook

Kenali Penyebab Komputer Menjadi Lambat

Diposting oleh Label: di
Komputer lambat, sering hang, tiba tiba mati, dan sebagainya memang sangat meresahkan ketika kita sedang megoperasikan sebuah komputer untuk beraktivitas. Terkadang kita tidak mengetahui apa penyebabnya, dan cenderung membiarkannya begitu saja. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penyebab komputer menjadi lambat dan sering terjadi eror.
Komputer Lambat
Penyebab Komputer Menjadi Lambat:
1. Terlalu banyak program atau software yang terinstal di Komputer Anda.
Tanpa Anda sadari banyaknya program yang terinstal pada komputer Anda akan menurunkan kinerja komputer Anda, hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya kapasitas penyimpanan pada komputer untuk berbagai macam program yang telah Anda instal di komputer Anda.
2. Penyebab yang kedua adalah adanya virus, spyware, dan juga malware yang terdapat pada komputer Anda.
Ketika komputer kita terserang oleh virus atau malware atau spyware akan membawa dampak yang buruk pada sistem pertahanan windows Anda. Jika Anda biarkan virus itu akan merajalela dan menyebar di sistem operasi Anda.
3. Sistem File ada yang hilang atau Corrupt.
Pada point ini biasanya sering terjadi ketika komputer Anda sudah terjangkit virus dan menyebar. Karena ketika Anda membersihkan virus yang ada di komputer Anda dengan antivirus file yang terdetect virus secara tidak sengaja akan terhapus oleh antivirus tersebut.
4. Kapasitas RAM (Random Access Memory) kurang.
Kapasitas RAM pada umumnya sangat mempengaruhi cepat lambatnya suatu komputer, karena RAM merupakan media penyimpanan utama pada saat komputer sedang aktif. Ketika program yang Anda instal di komputer melebihi kapasitas RAM maka bisa dipsatikan komputer Anda akan mengalami penurunan performa atau lambat.
Komputer Lambat
5. Hardisk yang tidak Mumpuni.
Hardisk yang merupakan media penyimpanan setelah RAM, juga sangat berpengaruh akan kinerja komputer Anda. Ketika hardisk Anda mengalami low space, error, terfragmentasi, dan sebagainya akan membuat performa komputer Anda menurun.
6. Komponen yang terdapat dalam CPU mengalami Overheat.
Keadaan ini sering terjadi apabila Anda jarang mengecek dan membersihkan hardware Anda yang meliputi Hardisk, VGA Card, Prosesor, Power Supply, dan lain lain. Penyebab lambatnya komputer juga bisa terjadi karena debu atau kotoran yang menempel pada komponen Anda, sehingga mengakibatkan hardware Anda overheat.
7. Security Program terlalu banyak pada komputer Anda.
Program antivirus, firewall, dan lain lain merupakan salah satu security program, memang komputer sangat memerlukan program seperti ini. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyadari untuk mengisntal program antivirus dan firewall lebih dari 2 atau 3 program. Hal ini akan menyebabkan respon yang lambat pada sistem pertahanan komputer Anda karena mereka akan berjalan secara bersamaan.
Dengan adanya sedikit pengetahuan mengenai penyebab komputer lambat di atas semoga dapat menambah wawasan Anda dalam dunia teknologi khususnya di bidang komputer.
Posting Komentar

Back to Top