Add me on Google+
Add me on Facebook

Linux : Kelebihan Dan Kekurangannya

Diposting oleh Label: di

Setiap sistem operasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk juga dengan Linux.Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux.
Linux merupakan suatu sistem operasi yang mulai populer saat ini dengan dukungan terhadap semakin baik dari waktu ke waktu. Kelebihannya secara terinci adalah sebagai berikut:
  • Merupakan sistem operasi yang bersifat bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  • Mudah digunakan. Dahulu Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk kalangan tertentu misalkan hacker dan Programmer. Saat ini Linux sudah lebih mudah untuk digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
  • Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web http://www.osalt.com/(Open Source as Alternative) untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
  • Keamanan Linux yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, trojan, spyware, dsb. Hal tersebut hampir tidak terjadi pada Linux, karena sejak awal didesain untuk banyak user (multi-user) yang saling berbeda pengaturan aksesnya, bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain.
  • Relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX dikenal sangat stabil berjalan tanpa henti. Linux yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.
  • Mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik. Selain itu dokumen-dokumen yang lebih baru juga dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat kerasnya. Sebagai contoh, setelah dirilisnya Windows Vista, beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, dengan sangat terpaksa, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti harus meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus.
Kekurangan pada Linux secara singkat sangat bergantung pada kemauan seseorang untuk mau mencoba dan pantang menyerah dalam menggunakan Linux, sebenarnya Linux tidaklah serumit atau susah dalam penggunaannya. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kekurangan dari Linux.
  • Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’ yaitu masih saja berpikir bahwa Windows lebih baik dari Linux. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
  • Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di http://www.Linux-drivers.org/ atau http://www.Linuxhardware.org/.
  • Proses pemasangan (instalasi) aplikasi (software) yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau mempunyai CD / DVD repository-nya (kumpulan paket aplikasi yang mendukung Linux tersebut). Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package (paket aplikasi) yang dibutuhkan beserta dependencies-nya (file-filependukung aplikasi tersebut).
  • Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (sepertiLinux), harus mempelajari hal ini. Sehingga terpenuhinya syarat untuk menjadi administrator yang baik, yaitu manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

Posting Komentar

Back to Top