Add me on Google+
Add me on Facebook

Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran Fisik

Diposting oleh Label: di

Perlu diketahui bahwa jenis komputer tidak dibedakan kemampuannya berdasarkan ukuran fisiknya. Bukan berarti komputer  yang kecil bentuknya berarti kecil pula kemampuannya.

Berikut ini jenis komputer berdasarkan  bentuk dan ukuran fisik :
a. Tower (menara) adalah yang biasanya diletakkan di samping atau di bawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer jenis ini biasanya banyak memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
Gambar Komputer Jenis Tower
b. Desktop (meja) adalah jenis komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan di atas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain.
Gambar Komputer Jenis Desktop
c. Portable (mudah dibawah-bawah) adalah jenis komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas di lapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data di lokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.
Gambar Komputer Jenis Portabel
d. Notebook (buku catatan) adalah jenis komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai pelajar dan mahasiswa Amerika) saja. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hinggan 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
Gambar Komputer Jenis Notebook
e. Subnotebook adalah jenis komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.
Gambar Komputer Jenis Subnotebook
f.  Palmtop adalah jenis komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.
Gambar Komputer Jenis Palmtop

Demikian penjelasan tentang jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukuran fisiknya. Semoga bisa memberi pemahaman yang berarti bagi Anda.
Posting Komentar

Back to Top