Add me on Google+
Add me on Facebook

Topologi Jaringan Komputer

Diposting oleh Label: di

Gbr. Jenis Topologi Jaringan Komputer
Topologi adalah cara pengaturan hubungan antarkomputer dalamjaringan komputer. Topologi menguraikan layout aktual dariperangkat keras jaringan. Pada umumnya jaringan menggunakan satu atau lebih topologi fisik. Topologi fisik meliputi : BUS, STAR dan RING.
Topologi BUS adalah topologi umum dalam LAN. Dengan topologi ini komputer dihubungkan secara berantai (daisy -chain) dengan perantaraan suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial. Ujung – ujung dari kabel koaksial harus ditutup dengan tahanan (termination resistor) untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan ganguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.
Ujung kabel yang ke komputer mengunakan konektor BNC. Pada setiap network adapter (LAN Card) dipasang konektor BNC tipe T yang bercabang. Kabel koaksial tersebut dihubungkan dengan satu dengan yang lainnya dengan konektor ini. Topologi ini mudah di pasang dan murah namun bila terjadi sesuatu terhadap salah satu komputer, komputer lainnya kemungkinan akan terganggu. Kecepatan yang bisa dicapai hanya sampai dengan 10 Mbps.
Dalam topologi STAR sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi. Semua kontrol dalam topologi STARdipusatkan pada satu titik yang dinamakan stasion primer dan terminal lain sebagai stasion sekunder. Satu titik yangdimaksudkan dalam hal ini adalah suatu perangkat jaringan dengan nama HUB/SWITCH. Semua komputer dihubungkan ke hub/switch tersebut. Hub/Switch berfungsi untuk menerima sinyal – sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semua komputer yang berhubungan dengan hub/switch tersebut.
Jaringan dengan topologi ini lebih mahal dan lebih sulit untuk pemasangan. Dan setiap komputer mempunyai kabel sendiri -sendiri sehingga lebih mudah mencari kesalahan dalam jaringan. Kabel yang digunakan biasanya mengunakan kabel UTP kategori 5, 5e dan juga kategori 6.
Topologi RING hampir sama dengan topologi BUS, hanya saja ujung dari topologi ini dihubungkan dengan ujung yang lain hingga menyerupai lingkaran. Topologi Ring ini di perkenalkan oleh IBM untuk mendukung protokol token ring yang diciptakan IBM.
Posting Komentar

Back to Top