Add me on Google+
Add me on Facebook

Program Aplikasi Di Linux

Diposting oleh Label: di

Linux menyediakan banyak sekali program aplikasi yang dapat digunakan oleh setiap orang dengan cara yang sangat mudah. Dari mulai game sampai dengan program aplikasi perkantoran, Linux menyajikannya dengan ciri khas tersendiri dan tentu saja dengan tampilan unik, cantik, dan menawan. Sebagai contoh, kita akan mencoba menjalankan program game yang bernama Mines dan program untuk membantu proses perhitungan yaitu Calculator.

Mines
Game ini sama persis dengan game yang terdapat pada sistem operasi Windows yang dinamakan Minesweeper. Aturan permainannya sangatlah sederhana. Pemain diharuskan membuka seluruh kotak yang tersedia, dan tidak boleh membuka kotak yang berisi bom. Jika terpilih kotak berisi bom tersebut, maka permainan akan dihentikan dan pemain dinyatakan kalah.Langkah pertama untuk menjalankan program ini adalah dengan mengklik tombol Applications pada taskbar, pilih bagian Games, dan klik pilihan Mines.
Gambar Menjalankan Program Aplikasi Game Mines
Tunggulah beberapa saat tergantung kecepatan akses komputer, sehingga ditampilkan layar program game Mines. Tampak pada bagian atas seperti lambang emoticon atau karikatur lucu wajah orang dengan kaca mata di atas matanya.
Game Mines
Silakan mainkan program game ini dengan cara mengklik salah satu kotak yang tersedia. Hati-hati jangan sampai membuka kotak berisi bom. Jika sudah bosan, tutuplah program Mines dengan cara mengklik tombol Game dan diteruskan dengan mengklik pilihan Quit.
Calculator
Sebenarnya proses menjalankan program – program aplikasi di dalam Linuxhampir sama satu sama lain. Begitu pula untuk Calculator ini caranya sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan proses menjalankan game sebelumnya. Langkah pertama untuk menjalankan program Calculator adalah dengan mengklik tombol Application yang terletak pada taskbar. Setelah itu pilihlah bagian Accessories dan klik pilihan Calculator.
Gambar Menjalankan Program Aplikasi Calculator
Setelah beberapa saat, akan ditampilkan Calculator dengan tampilan khas Linux. Ketika pertama kali dijalankan maka bentuk kalkulator yang ditampilkan
adalah Kalkulator Basic.
Bentuk kalkulator basic sangat sederhana. Hanya terdiri dari tombol angka 0 sampai dengan 9, lambang perhitungan sederhana yaitu Plus (+) untuk penjumlahan, Minus (-) untuk pengurangan, Kali (x) untuk perkalian, dan Bagi (÷) untuk pembagian.
Gambar Kalkulator Basic
Jika ingin menampilkan hasil perhitungan digunakan tombol sama dengan (=). Jenis bilangan positif atau negatif ditentukan dengan mengklik tombol plus minus (±). Dan untuk menghapus data atau membersihkan layar dapat digunakan tombol Bksp atau CE atau Clr.
Jika proses perhitungan yang digunakan sudah kompleks atau tidak dapat dilakukan oleh calculator basic, gantilah jenis kalkulator dengan jenis yang sesuai. Terdapat 4 jenis kalkulator yang dapat digunakan, yaitu: Basic, Advanced, Financial, dan Scientific. Sebagai contoh, kita akan mengubah jenis kalkulator menjadi kalkulator Advanced, dan langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengklik menu View diteruskan dengan mengklik pilihan Advanced.
Ketika diklik pilihan Advanced, akan ditampilkan kotak dialog yang mengkonfirmasi apakah benar jenis kalkulator akan diganti. Jika sebelumnya kita sudah melakukan proses perhitungan, maka hasil perhitungan tersebut akan dihilangkan. Jika sudah yakin, maka klik tombol Change Mode.
Terlihat bentuk kalkulator berbeda dengan bentuk kalkulator sebelumnya. Sekarang bentuknya tampak lebih lebar dari sebelumnya, dan tombol-tombolyang disediakan menjadi lebih banyak.
Demikianlah pembahasan tentang Program Aplikasi Di Linux dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
Posting Komentar

Back to Top