Add me on Google+
Add me on Facebook

Cara Membuat Komputer Tetap Sehat

Diposting oleh Label: di
Cara Membuat Komputer Tetap Sehat – Siapa yang komputer atau laptop anda tetap awet dan sehat? Pasti semuanya menginginkan hal tersebut, bukan? Komputer atau laptop yang sehat dan tidak gampang rusak atau eror pasti sudah menjadi hal yang diinginkan setiap pemilik komputer atau laptop. Tapi bagaimana jika komputer atau laptop rusak? Maka dari itu, kita wajib menjaga kesehatan komputer atau laptop anda dari serangan virus-virus yang tidak diinginkan. Jadi, mulailah menjaga komputer atau laptop anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagaimana cara perawatannyanya? Cara perawatannya bisa anda baca pada ulasan berikut ini.

1. Pencegahan Umum
Hal terbaik agar komputer atau laptop terjauh dari virus adalah perilaku yang bisa kita lakukan secara sederhana dalam keseharian penggunaan laptop. seperti berselancar di dunia internet dengan baik dan hati-hati, tidak sembarang mendownload dan selalu safety dengan file-file yang masuk keluar melalui colokan USB kita melalui hard drive orang lain.

2. Back Up Data
Nah, ini nih kalau sudah kena virus terus data hilang baru menyesal. Oleh karena itu sering-seringlah memback up data di DVD atau CD. Agar data kita selalu aman dan tetap bisa dipergunakan kapanpun. Selain itu, install ulang secara berkala juga diperlukan untuk mengupgrade kinerja laptop agar fresh kembali sekitar 5 bulan sekali atau satu semester sekali.

3. Sering-seringlah Mengecek Software yang Digunakan
Perlu diketahui ada 3 utilitas yang sangat penting di komputer diantaranya adalah Derfagmentasi, Cek disk, dan Antivirus.

Defrag. Setiap kali Anda mengubah, memindahkan, menyalin atau menghapus file, komputer Anda biasanya melakukan pekerjaan minimum yang diperlukan untuk memberikan hasil yang diinginkan. Itu berarti potongan-potongan file yang tersisa di dalam ruang-ruang kosong, tidak berguna, tetapi juga tidak hilang, yang berarti "bebas". Sebuah utilitas defrag akan bekerja melalui belantara ruang bebas tersebut, mengumpulkan sisa-sisa sampah dan menyingkirkannya untuk selamanya. Hal ini dapat membebaskan ruang komputer, serta mempercepat mesin.

Cek disk, berarti memeriksa kesalahan yang terjadi pada komputer kita untuk kita bersihkan nantinya yang berhubungan pula dengan defrag. Cek disk cukup memerlukan waktu sehingga kita bisa nonton tv atau bermain sebentar lebih dulu.

Antivirus, ada tiga hal yang menjadi peran utama sebuah antivirus yakni: seberapa banyak malware dan virus program dapat terdeteksi, seberapa baik antivirus membunuh virus dan membuangnya hingga tidak menimbulkan masalah baru, dan berapa banyak memori yang digunakan antivirus tersebut.

Terdapat beberapa antivirus gratis yang bisa dipergunakan untuk menjaga komputer tetap bersih dari virus, namun kita harus sering mengupdatenya agar antivirus selalu beradaptasi dengan hal-hal atau kondisi baru.

4. Gunakan UPS
Hal ini mengingat banyak kejadian komputer atau laptop cepat rusak karena mengkonsumsi tegangan listrik ternyata melebihi batas tegangan yang dipakai yang seharusnya 120 volt dari arus AC dengan frekuensi sudut 60Hz. Hal ini terjadi karena ketidakstabilan listrik yang digunakan hingga membuat laptop jadi cepat ngehang. UPS dapat menjaga sirkulasi listrik yang digunakan agar tetap stabil, namun demikian setiap selesai menggunakan laptop segeralah dimatikan untuk menghemat listrik meskipun sebenarnya dengan UPS ditinggalkan pun tidak apa-apa dengan kondisi laptop masih hidup.

5. Menjaga Agar Komputer atau Laptop Tetap Dingin
Hal ini penting, ibaratnya saat kita kepanasan maka yang terjadi tubuh tidak akan bisa berdamai seperti cacing kepanasan. Begitupun dengan barang kesayangan kita berupa laptop dan komputer. Penybebab utama dari temperatur yang tidak stabil yang membuat panas komputer adalah debu dan kotoran yang bersarang di laptop atau komputer (CPU). Oleh sebab itu perlu kita bersihkan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Selain itu, menggunakan laptop dan komputer haruslah ditempat dengan sirkulasi udara yang cukup, atau saat disimpan dimeja, seharusnya terdapat pendingin yang membuat laptop lebih terasa dingin.

6. Bersih
Kebersihan sangatlah penting. Menjaga komputer tetap bersih sama halnya membersihkan rumah agar terlihat rapi dan segar tentu meminimalisir kuman, atau sama halnya dengan menyikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di gigi kita setiap harinya.
Posting Komentar

Back to Top